Senin, 13 Agustus 2012

Kewajiban Menutup Aurat Bagi Muslimah


Akhwat budiman sekalian, para perempuan-perempuan muslim yang senantiasa mencintai Allah dan tentunya juga dicintai Allah. Pada kesempatan ini, saya akan menjabarakan sedikit, mengapa kita para muslimah diwajibkan untuk menutup aurat?
Jelas difirmankan oleh Allah SWT dalam surat Al-Ahzab ayat 59 sebagai berikut :
  
Artinya : Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Akhwat sekalian dari firman Allah di atas jelas diperintahkan kepada para perempuan muslim untuk dapat mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka atau dalam istilah awam nya yaitu menutup aurat atau bagian-bagian tubuh yang di haramkan untuk di tampakkan ketika seorang perempuan telah memasuki masa akil baligh. 

Diriwayatkan juga oleh Aisyah RA, bahwasanya Asma binti Abu Bakar masuk menjumpai Rasululloh SAW dengan pakaian yang tipis, lantas Rasululloh SAW berpaling darinya dan berkata:“Hai Asma, seseungguhnya jika seorang wanita sudah mencapai usia haid (akil baligh) maka tak ada yang layak terlihat kecuali ini,” sambil beliau menunjuk wajah dan telapak tangan.(HR. Abu Daud dan Baihaqi).

Dari pemaparan dua dalil diatas,  jelas bahwa aurat pada wanita itu adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Dan dari kedua dalil diatas dapat dipahami bahwasannya menutup  aurat adalah wajib hukumnya bagi setiap perempuan muslim di dunia ini. Makna dari kewajiban menutup aurat disini pun tidak hanya semata ketika melaksanakan shalat akan tetapi dimana pun dan kapan pun jikalau orang yang kita temui itu adalah bukan mahram kita.

Dan perlu lebih dipahami lagi mengenai makna 'wajib' dalam hal menutup aurat ini adalah apabila dilaksanakan maka akan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan maka akan berdosa. 
Na'udzubillahimin dzalik.

Akhwat sejati yang dicintai dan juga disayangi Allah. Marilah kita sama-sama mengingatkan kepada para perempuan di sekitar kita, munutup aurat lebih baik dari pada terus-terusan mengumbarnya di depan lawan jenis yang mungkin tidak bisa menjaga pandangannya karena semua ini adalah bentuk perlindungan Allah di dunia maupun di akhirat kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar